Sunday, April 11, 2010

Ancaman Kematian Akibat Merokok

Berapakah umur Anda sekarang? Berapapun umur Anda, maka sepanjang usia itulah organ tubuh yang bernama jantung berdetak terus-menerus. Sungguh setia jantung kita bekerja keras selama 24 jam siang dan malam meskipun kita sedang tidur nyenyak. Bila jantung kita berhenti berdetak, maka aliran darah pun akan berhenti sehingga akan mengakibatkan kematian.

Jantung kita berdetak rata-rata 80 kali setiap menit untuk memompa darah, agar dapat mengangkut nutrisi termasuk oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.Seandainya umur kita sekarang 30 tahun, maka jantung telah berdetak memompa lebih dari 16 juta kali, tidak mengenal lelah dan tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Namun sering kita tidak mensyukurinya.

Barangkali kita baru tersadar akan pentingnya jantung yang sehat bila jatuh sakit. Alangkah sayangnya, di antara kita yang dikaruniai jantung sehat, banyak sekali yang tega merusak jantung di tubuhnya sendiri. Tak bisa disangkal lagi bahwa salah satu perusak jantung adalah rokok. Memang tidak semua perokok akan menderita penyakit jantung, tapi perlu dicatat bahwa hampir semua penderita penyakit jantung koroner adalah perokok.

Source :
Mas Ahmad Yasa (peminat masalah rokok)

Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi
Alumni FK Universitas Padjadjaran Bandung
http://www.facebook.com/group.php?gid=186940705404

Possibly Related Article



No comments: