Monday, March 29, 2010

Gejala, dan Pencegahan Penyakit Anemia

Penyakit anemia adalah suatu penyakit suatu kondisi turunnya kadar sel darah merah (Hemoglobin) dalam darah yang normal pada wanita sekitar 12 mg/ dl dan 14 mg/ dl pada laki laki. Berkurangnya sel darah merah sangat membahayakan tubuh oleh karena sel darah merah berfungsi sebagai sarana transportasi zat gizi dan oksigen yang diperlukan jaringan tubuh.

Berkurangnya sel darah merah dapat terjadi akibat keadaan tertentu seperti perdarahan, gangguan pembentukan sel darah merah, berkurangnya asupan gizi, terutama zat besi, dan lain lain.

Apakah gejala anemia?
Gejala awal anemia kurang zat besi adalah keluhan badan lemah, lelah, kurang energi, kurang nafsu makan, daya konsentrasi menurun, sakit kepala, pandangan sering berkunang-kunang terutama dari keadaan duduk kemudian berdiri. Tanda lainnya adalah kelopak mata, wajah, ujung jari dan bibir biasanya tampak pucat.

Bagaimana mencegah anemia?
Pencegahan yang terbaik adalah sebelum terjadi anemia, yaitu dengan menjaga agar dalam tubuh tersedia cukup zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Zat besi banyak dikandung dalam makanan baik hewan, sayuran dan buah buahan, seperti: hati, daging, telur, ikan, kentang, beras merah, kacang kacangan, apel, jambu, pepaya, dan lain lain. Keseimbangan asupan gizi sangat diperlukan untuk menjaga agar tidak terkena anemia.

Possibly Related Article



No comments: