Sunday, March 28, 2010

Earth Hour Indonesia 2010 : Matikan Listrik 1 Jam Demi Masa Depan

Earth Hour Indonesia 2010, Waktu Earth Hour Indonesia 2010, Kesulitan Earth Hour Indonesia 2010, Persiapan Earth Hour Indonesia 2010, Earth Hour Indonesia 2010 di Kota Besar, Earth Hour Indonesia 2010 di Bali, Earth Hour Indonesia 2010 di Jakarta,Earth Hour Indonesia 2010 Pics, Video Earth Hour Indonesia 2010, Foto Earth Hour Indonesia 2010Earth Hour Indonesia 2010, Waktu Earth Hour Indonesia 2010, Kesulitan Earth Hour Indonesia 2010, Persiapan Earth Hour Indonesia 2010, Earth Hour Indonesia 2010 di Kota Besar, Earth Hour Indonesia 2010 di Bali, Earth Hour Indonesia 2010 di Jakarta,Earth Hour Indonesia 2010 Pics, Video Earth Hour Indonesia 2010, Foto Earth Hour Indonesia 2010Earth Hour Indonesia 2010, Waktu Earth Hour Indonesia 2010, Kesulitan Earth Hour Indonesia 2010, Persiapan Earth Hour Indonesia 2010, Earth Hour Indonesia 2010 di Kota Besar, Earth Hour Indonesia 2010 di Bali, Earth Hour Indonesia 2010 di Jakarta,Earth Hour Indonesia 2010 Pics, Video Earth Hour Indonesia 2010, Foto Earth Hour Indonesia 2010


Apa sih Earth Hour itu? Ini adalah gerakan mendunia dengan mematikan lampu selama 1 jam, secara bersamaan. Biasanya ini dilakukan di akhir bulan Maret, di akhir pekan pada pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Waktu Pelaksanaan Earth Hour di Indonesia yaitu pada tanggal 28 Maret 2010. Gerakan ini dimulai dari Sidney tahun 2007 dan di Indonesia baru dimulai pada tahun 2009 lalu.

Lalu apa manfaatnya dengan mematikan lampu di Earth Hour? Pesannya jelas, hemat energi. Dengan mematikan lampu selama 1 jam , di rumah/kantor/toko dll, berarti menghemat energi yang digunakan untuk menghasilkan listrik lampu tersebut. Dan berarti mengurangi efek rumah kaca dari gas karbon yang dihasilkan pembangkit energi. Harap dimaklumi, sebagian besar listrik kita (Indonesia, bahkan dunia) masih dihasilkan dari pembakaran minyak dan batubara, sehingga gas karbon banyak terlepas ke udara – efek rumah kaca – pemanasan global.

Apa ya cukup dengan mematikan 1 jam saja, lalu besoknya kita tetap boros listrik? Tentu tidak demikian harapan dari kegiatan Earth Hour. Kegiatan ini dilakukan serempak di seluruh dunia, dengan maksud mengingatkan kita untuk selalu hemat energi. Untuk selalu ingat, setiap kemudahan yang kita peroleh mesti dibayar dengan yang lain. Istilah orang ekonomi, semua ada harganya. Dan harga dari kehidupan modern (listrik, TV, microwave, mobil, dll) adalah kerusakan lingkungan. Maka salah satu cara untuk mengurangi kerusakan lingkungan adalah dengan mengubah perilaku / gaya hidup kita yang hemat energi.

Earth Hour ini bisa dianalogikan dengan perayaan ulang tahun. Setahun sekali kita berulang tahun kan? Dan di setiap ulang tahun kita atau teman-teman selalu berucap panjang umur, semoga sehat selalu, banyak rezeki, dsbnya. Padahal hal-hal itu juga kita butuhkan setiap hari bukan? Setiap hari kita mesti bersyukur, berharap bangun di hari berikutnya, selalu sehat di hari ini , dstnya. Tetapi manusia adalah makhluk fana dan pelupa. Maka dia (manusia) membutuhkan tanda/simbol yaitu hari ulang tahun. Agar selalu ingat, bahwa usianya makin bertambah, makin tua, sehingga makin sadar ‘rumah masa depan’ makin dekat lalu biasanya banyak bertobat. Coba kalau tidak ada perayaan ulang tahun mungkin tidak pernah merasa tua.

Waktu Pelaksanaan Earth Hour di Indonesia pada tanggal 28 Maret 2010, dengan mematikan lampu, juga peralatan lain yang tidak perlu seperti TV, radio, AC, dsbnya selama 1 jam saja , 20.30 – 21.30 waktu setempat (WIB, WITA, WIT). Sambil merasakan bagaimana bila kita sejenak lepas dari peralatan-peralatan elektrik tersebut. Dan mari juga mengucapkan komitmen untuk hari-hari berikutnya, kita akan berhemat dalam hal apa. Misalnya mematikan AC saat menjelang tidur, mematikan lampu yang tidak terpakai, mencabut charger ponsel bila sudah selesai mengisi baterei, memakai lampu energi surya, dstnya. Karena Earth Hour menjadi tidak maksimal, bila kita hanya berhemat di satu hari saja. Mesti berhemat energi setiap hari!

Walaupun Kesulitan, Hambatan dan Berbagai Kegiatan yang ada, Persiapan agar Event ini berlangsung baik telah dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia. Mari Sukseskan Earth Hour Indonesia 2010 Untuk Masa Depan, dan tentunya gerakan hemat energi setiap hari setelah pelaksanaan Earth Hour Indonesia 2010 demi Masa Depan Dunia Ini.

Possibly Related Article



2 comments:

Seo Company said...

Nice blog! It is really a fantastic post. I am completely convinced with his thoughts. I will stay in touch for more information. Thanks for sharing.

Free Taxi Software said...

Wow! Your blog seems very innovative. It is my first comment. I must say that I am intimidated with the approach of your opinion.