Thursday, January 21, 2010

Upload, Edit dan Simpan file di Google Docs

Google Docs adalah fitur Google Corp untuk mengupload, menyimpan dan mengatur beberapa jenis file yang disetujui. Dengan Google Docs, Kita dapat mengupload dan mengakses file Kita dari komputer manapun. Yang Kita butuhkan hanyalah koneksi Internet.



Gambar 1.

Pengiriman file attachment email yang besar dapat diatasi dengan Google Docs , Kita dapat mengupload ke Google Docs file hingga 250 MB. Kita akan memiliki 1 GB penyimpanan gratis. Kita dapat membeli penyimpanan tambahan sebesar $ 0,25 per GB per tahun. Hal ini mempermudah untuk membuat file backup online, baik file grafik, foto, video yang diambil pada smartphone dan lain-lain. Kita mungkin bahkan dapat menggantikan USB drive dengan fasilitas Google Docs ini, karena dokumen kita tersimpan di Internet.

Dikombinasikan dengan berbagi Fitur, Kita dapat menyimpan, mengatur, dan berkolaborasi pada file lebih mudah menggunakan Google Docs. Sebagai contoh, jika Kita berada dalam sebuah klub atau bekerja dengan file grafis untuk poster / newsletter, Kita dapat mengupload ke Google Docs untuk kemudian dapat melihat, mendownload, dan mencetak dokmen tersebut.

Kita juga dapat mencari, mengedit dan menyimpan hasil editan file-file dokumen yang telah Kita upload seperti file text dokumen (word) , spreadsheet, presentasi, dan PDF.




 Gambar 2.

Seperti Produk Google lainya, fitur ini adalah fitur Single Sign On dimana dengan account email, kita dapat merambah segala sesuatu yang ada di goolgle, termasuk Google Docs ini.

Bagaimana kehandalan Securitynya? Tentunya kita dapat menentukan akses publik atau private terhadap suatu File Seperti Gambar 1, dimana File Not Shared, jadi tidak bisa dibaca publik, kecuali diri kita sendiri saat login.

Possibly Related Article



No comments: