Monday, January 18, 2010

Menemukan ODBC Data Source Di Windows XP

ODBC Data Source Bukan hal baru di dunia pemrograman database. Open Database Connectivity (ODBC) adalah sebuah standar untuk konektivitas database. Standar ini menyediakan API / Interface Program yang dapat digunakan untuk menjalankan dan mengoneksikan sebuah aplikasi dengan sebuah DBMS. Para desainer ODBC membuatnya dengan tujuan agar ODBC terbebas dari penggunaan bahasa pemrograman tertentu, sistem manajemen basis data tertentu, dan sistem operasi tertentu.

Hal ini tentunya sangat membantu para programmer, entah bahasa pemrograman apapun yang digunakannya. Bagaimana kita menemukan ODBC Data Source Di Windows XP? Caranya sebenarnya cukup mudah. Hanya melakukan Explorasi Windows Explorer pada Start --> Control Panel --> Administrative Tools --> Data Sources (ODBC).

Agar lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut





Utilitas ini mengizinkan programmer untuk mendefinisikan DSN (Data Source Name) untuk basis data yang hendak diakses dan juga driver yang digunakan untuk mengakses database. Untuk mengonfigurasikan ODBC dengan utilitas ini, mereka dapat mengasosiasikan sebuah DSN dengan sebuah driver ODBC, yang mengizinkan aplikasi untuk dapat berinterakse dengan sebuah basis data yang disimpan baik secara lokal di dalam mesin yang sama maupun di dalam server jaringan.

Mungkin Penjelasan Paragraf terakhir sebelum ini terlalu Formal. Untuk lebih jelasnya akan dilanjutkan mengenai membuat sebuah DSN dengan Connector MySQL ODBC.

Possibly Related Article



1 comment:

web marketing melbourne said...

Very nice article you have put here on that topic MySQl Data Source Name for a Database Programming in Windows XP